Special Events

March 27, 2013

Definisi Special Events

Salah satu tugas dari seorang public relations adalah melaksanakan sebuah event. Special event menurut Pudjiastuti, adalah sebagai berikut:

"special event adalah suatu kegiatan public relations, yang cukup penting dalam upaya memuaskan banyak orang untuk ikut serta dalam suatu kesempatan memenuhi selera/kesenangan, serta upaya untuk menarik perhatian bagi publiknya. Kegiatan ini merupakan salah satu kiat menarik perhatian media massa dan publik terhadap suatu perusahaan, produk atau seseorang"

Jim Macnamara yang dikutip Rosady Ruslan dalam bukunya Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi, mengemukakan bahwa special event adalah sebuah ajang yang biasanya silaksanakan untuk mendapatkan perhatian dari media, klien, perusahaan, atau produk.

Arti special events menurut istilahnya antara lain sebagai berikut:
a. Special, Atau spesial berarti sesuatu yang istimewa, pengecualian (khas) dan tidak umum.
b. Events, suatu kejadian penting atau peristiwa khusus, baik yang terjadi secara internal, lokal, maupun nasional dan bahkan berkaitan dengan suatu peristiwa (event) secara internasional.

Maka definisi dari special event dapat disimpulkan sebagai sebuah kegiatan public relations yang direncanakan dan diciptakan oleh organisasi selain acara rutin dalam upaya untuk memuaskan banyak pihak untuk ikut serta di dalamnya yang memberikan manfaat baik untuk memenuhi selera/kesenangan, serta upaya menarik perhatian bagi publiknya.


Tujuan Special Events

Tujuan utama diadakannya special event adalah untuk mempromosikan produk atau perusahaan agar dapat dikenal khalayak sasaran. Tujuan ini akan lebih terlihat nyata apabila ada liputan dari media massa sehingga muncul publisitas bagi produk atau perusahaan yang sedang dipromosikan. Menurut Pudjiastuti special event sangat efektif dalam mempengaruhi sasaran, hal tersebut dilihat melalui tiga aspek,  yaitu:
1. Aspek kognitif. Meningkatkan Awareness dan pengetahuan pengunjung terhadap perusahaan, merek, atau produk.
2. Aspek afektif. Mampu mengatasi kesalahpahaman dan prasangka serta mengasosiasikan merek dengan suatu gaya hidup, kegiatan, atau individu tertentu.
3. Aspek konatif. Dapat mempertahankan penerimaan masyarakat akan produk, merek, atau perusahaan.


Fungsi Special Events


Cutlip & Centre, and Canfield mengemukakan bahwa fungsi public relations, yaitu:
1. Menunjang aktivitas utama manajemen dalam mencapi tujuan bersama.
2. Membina hubungan yang harmonis anatara badan/organisasi dengan publiknya yang merupakan khalayak sasaran.

3. Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap badan/organisasi yang diwakilinya atau sebaliknya.

4. Melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan manajemen demi tujuan dan manfaat bersama.

5. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari organisasi kepada publiknya atau sebaliknya.



SUMBER BUKU:


Wahyuni Pudjiastuti, Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations, Bandung: Remaja Rosadakarya, 2010.

You Might Also Like

0 komentar

Member of:

Blogger Perempuan