Special Events
March 27, 2013
Definisi Special Events
Salah satu tugas dari seorang public relations adalah melaksanakan
sebuah event. Special event menurut
Pudjiastuti, adalah sebagai berikut:
"special event adalah suatu kegiatan public relations, yang cukup penting
dalam upaya memuaskan banyak orang untuk ikut serta dalam suatu kesempatan
memenuhi selera/kesenangan, serta upaya untuk menarik perhatian bagi publiknya.
Kegiatan ini merupakan salah satu kiat menarik perhatian media massa dan publik
terhadap suatu perusahaan, produk atau seseorang"
Jim Macnamara yang dikutip Rosady Ruslan dalam
bukunya Manajemen Public Relations dan
Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi, mengemukakan bahwa special event adalah sebuah ajang yang
biasanya silaksanakan untuk mendapatkan perhatian dari media, klien,
perusahaan, atau produk.
Arti special events menurut istilahnya antara lain sebagai berikut:
a. Special, Atau spesial berarti
sesuatu yang istimewa, pengecualian (khas) dan tidak umum.
b. Events, suatu kejadian penting
atau peristiwa khusus, baik yang terjadi secara internal, lokal, maupun
nasional dan bahkan berkaitan dengan suatu peristiwa (event) secara internasional.
Maka definisi dari special event dapat disimpulkan sebagai sebuah kegiatan public relations yang direncanakan dan
diciptakan oleh organisasi selain acara rutin dalam upaya untuk memuaskan
banyak pihak untuk ikut serta di dalamnya yang memberikan manfaat baik untuk
memenuhi selera/kesenangan, serta upaya menarik perhatian bagi publiknya.
Tujuan Special Events
Tujuan utama
diadakannya special event adalah
untuk mempromosikan produk atau perusahaan agar dapat dikenal khalayak sasaran.
Tujuan ini akan lebih terlihat nyata apabila ada liputan dari media massa
sehingga muncul publisitas bagi produk atau perusahaan yang sedang
dipromosikan.
Menurut Pudjiastuti special event sangat efektif dalam
mempengaruhi sasaran, hal tersebut dilihat melalui tiga aspek, yaitu:
1. Aspek kognitif. Meningkatkan Awareness dan pengetahuan pengunjung
terhadap perusahaan, merek, atau produk.
2. Aspek afektif. Mampu mengatasi kesalahpahaman
dan prasangka serta mengasosiasikan merek dengan suatu gaya hidup, kegiatan, atau
individu tertentu.3. Aspek konatif. Dapat mempertahankan penerimaan masyarakat akan produk, merek, atau perusahaan.
Fungsi Special Events
Cutlip & Centre, and Canfield mengemukakan bahwa fungsi public relations, yaitu:
1. Menunjang aktivitas utama manajemen dalam mencapi tujuan bersama.
2. Membina hubungan yang harmonis anatara badan/organisasi dengan publiknya yang merupakan khalayak sasaran.
3. Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap badan/organisasi yang diwakilinya atau sebaliknya.
4. Melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan manajemen demi tujuan dan manfaat bersama.
5. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari organisasi kepada publiknya atau sebaliknya.
SUMBER BUKU:
Wahyuni Pudjiastuti, Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations, Bandung: Remaja Rosadakarya, 2010.
0 komentar