perilaku audiens
December 14, 2010Perilaku audiens
I.Pengertian dan Definisi Perilaku
Perilaku adalah sebuah gerakan yang dapat diamati dari luar, seperti anak kecil yang sedang bermain, seseorang yang sedang membaca buku, dll. Dalam melakukan aktifitas tersebut tentu saja mereka harus berbuat sesuatu, misalnya tangan kanan memeggan sampul buku sementara tangan kiri membalik-balik halaman buku. Contohnya seseorang sedang duduk di depan meja dan sedang memeggang buku, ia pasti dikatakan sedang berperilaku. Meskipun pengamatan dari luar sangat sedikit, sebenarnya perilaku ada di balik tirai tubuh, dengan kata lain bahwa perilaku yang sebenarnya berada didalam tubuh manusia (Drs. Leonard F. Polhaupessy, Psi dalam bukunya Perilaku Manusia).
Berikut merupakan definisi perilaku:
• Perilaku manusia adalah suatu aktivitas manusia itu sendiri (Soekidjo, N. 1993 : 55). Secara operasional, perilaku dapat diartikan suatu respons organisme atau seseorang terhadap rangsangan dari luar subjek tersebut (Soekidjo, N. 1993 : 58).
• Perilaku diaritikan sebagai suatu aksi-reaksi organism terhadap lingkungannya. Perilaku baru terjadi apabila ada sesuatu yang lakukan untuk menimbulkan reaksi, yaitu yang disebut rangsang. Dengan demikian rangsangan tertentu akan menghasilkan reaksi atau perilaku yang tertentu pula (Notoatmojo, S. 1997 : 60).
• Perilaku adalah tindakan suatu organisme yang dapat diamati dan bahkan dapat dipelajari (Robert Kwik, 1974 dalam Notoatmojo, S. 1997)
• Perilaku manusia pada hakikatnya adalah proses interaksi individu dengan lingkungannya sebagai manifestasi hayati bahwa dia adalah makhluk hidup (Sri Kusmayati dan Desminiarti, 1990 : 1)
• Perilaku manusia adalah aktivitas manusia yang timbul karena adanya stimulus dan respons serta dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung (Sunaryo, 2004 : 3).
II. Audiens
Awal mula kata audiens berarti sekumpulan penonton drama, permainan dan tontonan. Setelah ada kegiatan komunikasi massa, audiens sering diartikan sebagai penerima pesan-pesan media massa. (adi prakosa. 2006: 49)
Menurut McQuail audiens dapat diartikan sebagai berikut :
a. Audiens sebagai kumpulan penonton, pembaca, pendengar dan pemirsa. Konsep audiens diartikan sebagai penerima pesan media massa yang tersebar, heterogen, dan berjumlah banyak.
b. Audiens sebagai massa. Konsep ini mengartikan audiens sebagai sekelompok orang yang berukuran besar, heterogen penyebaran dan anomitasnya serta lemahnya organisasi sosial dan komposisinya yang berubah dengan cepat dan tidak konsisten. Massa tidak memiliki keberadaan (eksistensi)yang berlanjut kecuali dalam pikiran mereka yang ingin memperoleh perhatian dari dan memanipulasi orang-orang sebanyak mungkin. McQuail menyatakan bahwa konsep ini tidak lagi layak dipakai.
c. Audiens sebagai kelompok sosial atau publik. Konsep audiens diartikan sebagai suatu kumpulan orang yang terbentuk atas dasar suatu isu, minat atau bidang keahlian.
d. Audiens sebagai pasar. Konsep audiens diartikan sebagai konsumen media dan sebagai audiens (penonton, pembaca, pendengar atau pemirsa) iklan tertentu.
0 komentar